» » Cara Sehat Dan Alami Memurunkan Berat Badan

Cara Sehat Dan Alami Memurunkan Berat Badan

Penulis By on August 14, 2014 | No comments



Diet merupakan usaha untuk mengatur pola makan makanan sehat dengan porsi dan ukuran tertentu dan kandungan gizi yang seimbang. Diet sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat. Kebanyakan orang yang melakukan diet karena memiliki berat badan berlebih dan menginginkan tubuh yang langsing dan sehat. Namun terkadang diet yang dilakukan ternyata salah dan justru menimbulkan masalah-masalah kesehatan lain. Beberapa obat diet yang banyak dijual dipasaran memang dinilai lebih efektif dan cepat untuk membantu menurunkan berat badan, namun di dalamnya mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Untuk itulah cara diet yang sehat dan alami perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat tanpa efek samping yang mengganggu kesehatan.
Bagaimana cara melakukannya?
Berikut ini adalah beberapa cara sehat dan alami untuk menurunkan berat badan agar ideal dan sehat;
  • Harus dimulai dari sekarang
Jika Anda menginginkan berat badan turun dengan cepat, maka Anda juga harus memulainya dengan segera. Jangan menunda nanti atau besok. Karena semakin cepat Anda memulai program diet maka keinginan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat juga akan semakin cepat terwujud.
  • Tetapkan target
Jika Anda sudah mulai menjalani program diet, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menetapkan target yang harus dicapai selama program diet berlangsung. Jangan terlalu tinggi dalam menetapkan target, tetapkan saja yang sekiranya dapat Anda capai . Misalnya saja Anda harus bisa menurunkan berat badan sebanyak 0,5 kg dalam seminggu, itu sudah ideal. Jika berat badan turun terlalu drastis justru dapat berbahaya bagi kesehatan. Baju-baju kesayangan yang tidak terpakai karena sempit juga dapat dijadkan sebagai motivasi agar lebih semangat dalam menjalani program diet Anda.
  • Jangan terlalu ketat
Meskipun sedang menjalani program diet, namun kita tetap harus menjalani aktifitas seperti biasa sehingga tubuh tetap membuutuhkan energi yang cukup.Kita masih butuh sekitar 1.200-1.500 kalori setiap hari agar tubuh tetap fit. Jika jumlah kalori dalam tubuh kurang, maka proses metabolisme tubuh menjadi lambat. Dan apabila itu terjadi, kesempatan lemak tertimbun dalam tubuh akan semakin besar dan berbagai penyakit mudah menyerang.
  • Percepat sarapan pagi
Jika Anda sarapan lebih pagi, berarti proses pembakaran energi dalam tubuh juga dimulai lebih cepat.
  • Perhatikan menu sarapan
Jangan asal sarapan, usahakan sarapan yang Anda santap dipagi hari mengandung sekitar 300-400 kalori. Sebagai contoh Anda dapat sarapan dengan 100 gr nasi dengan lauk sepotong ikan dan 1 mangkuk sayur itu sudah cukup.
  • Kunyah makanan sampai halus
Mengunyah makanan yang ideal adalah kurang lebih sebanyak 36 kali. Jika selama ini Anda mengunyah makanan kurang dari jumlah tersebut, coba tambah hingga menjadi 36 kali agar makanan benar-benar halus sehingga lebih mudah dicerna dan Anda juga akan lebih cepat merasa kenyang karena menikmati setiap kunyahan.
  • Perbanyak konsumsi air putih
Kurangnya konsumsi air putih dapat memperberat kerja ginjal dan menyebabkan dehidrasi. Sehingga akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Untuk itu jangan ragu untuk memperbanyak konsumsi air putih. Bahkan jika rajin minum air putih sebanyak 8-10 gelas perhari dapat menurunkan berat badan sampai 2,5 dalam setahun meskipun tanpa melakukan diet.
  • Olahraga
Bagi Anda yang menginginkan tubuh ideal dan sehat, olahraga wajib dilakukan untuk membakar kalori. Olahraga dapat dilakukan selama 60-90 menit, 3-4 kali dalam seminggu. Misalnya olahraga ringan seperti jogging atau senam aerobik. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal itu, dapat diganti dengan berjalan mengelilingi rumah atau ruangan kantor tempat Anda bekerja selama 5 menit setiap jam. Hal itu dapat membakar sekitar 200-300 kalori.
  • Konsumsi lebih banyak serat
Serat memiliki peran yang cukup besar untuk mengusir lemak di tubuh. Orang dewasa membutuhkan sekitar 21 gram serat setiap hari atau setara dengan 5 mangkuk buah dan sayur.
  • Buah dan sayur saja tidak cukup
Meskipun buah dan sayur memiliki peran yang cukup penting dalam usaha menurunkan berat badan, namun Anda akan mudah merasa lapar apabila hanya mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Anda juga harus mengonsumsi sekitar 15%-20% protein di setiap menu makan Anda.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan sehat tentunya. Memang bukan cara yang instan, dan untuk melakukannya dibutuhkan kesabaran, namun lebih sehat dan minim resiko karena berat badan akan turun dengan alami.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya